Rabu, 03 September 2014

Salah Satu Text Editor Terbaik Untuk Web Designer & Web Developers




Kali ini BLOG menuliskan review tentang alat tempur seorang web designer & web developers. Alat tempur yang dibahas kali ini bukan kopi, rokok, sama Laptop  saya lho, tapi Text Editor yang sering dipakai untuk coding oleh seorang web designer & web developers atau Programmer (Bukan Pro Gamer lho…) termasuk saya sendiri.


 
Gambar tampilan Dua Kolom.


Kalian pernah tahu text editor untuk web designers seperti Adobe Dreamweaver, Notepad ++, dan sebagainya ? Atau mungkin anda hanya menggunakan Notepad biasa bawaan windows atau gedit, kwrite bawaan linux ? Kali ini saya akan kasih tahu tentang Text Editor paling ajib untuk menangani coding bagi para programmer khususnya web programmer. Apa sih nama Text Editornya ?

SUBLIME TEXT.
Sublime Text adalah Text Editor favorit saya dan para web desainer lainnya. Text editor ini biasa dipakai oleh para programmer handal.
Kenapa mereka menggunakan Sublime Text sebagai text editornya ?
1.             Sublime Text ini sangat ringan sekali, cross platform.
2.             Untuk mendapatkan Text editor ini gratis (meski ada versi berbayarnya).
Tampilan text editor ini sangat nyaman coding lama-lama didepan komputer. Selain itu yang tidak kalah penting adalah fungsionalitasnya.


Gambar tampilan Auto Kolom.

Fungsi yang sangat menonjol di Sublime Text adalah sebagai berikut :
  • Goto Anything
Cara menggunakannya dengan menekan tombol CTRL + P / CMD + P. Symbol @ untuk loncat ke suatu Symbol, sedangkan simbol # untuk pencarian didalam file tersebut dan : untuk loncat ke nomor baris tertentu.
  • Multiple Selection
Cara menggunakannya dengan menekan tombol CTRL + Shift + L / CMD + Shit + L. Ini berfungsi untuk menyeleksi 1 baris kode untuk dipindahkan ke baris lain. Sedangkan CTRL + D / CMD + D untuk menambahkan penyeleksian lainnya.
  • Command Pallete
Cara menggunakannya dengan menekan tombol CTRL + Shift + P / CMD + Shift + P. Ini digunakan untuk penyortiran, mengubah sintaks dan mengubah pengaturan indentasi. Dengan hanya beberapa keystrokes, anda dapat mencari apa yang Anda inginkan, tanpa harus menavigasi melalui menu.
  • Split Editing
Dengan Split editing, anda dapat membagi layar editor untuk mengerjakan banyak code sekaligus. Caranya dengan Klik menu View -> Layout. Pilih Column Split yang diinginkan.
  • Dukungan Plugin
Ini yang tidak kalah penting, kita dapat menambahkan beberapa plugin yang kita inginkan seperti snippet, auto complete dalam bahasa pemrograman tertentu. Contoh plugin yang saya pakai bisa anda lihat dalam gambar dibawah.




 Gambar tampilan Auto Kolom.


Sublime Text ini sangat mendekati sempurna bagi saya, Tampilan keren, fungsionalitas juga banyak membantu. Kenapa saya tidak menggunakan Dreamweaver ? Terlalu berat & ribet dengan menu-menunya. Klo Notepad ++ ? Tidak Cross Platform, maksudnya tidak bisa diinstall di Linux dan Mac yang hanya bisa di Windows saja. Memangnya penting ?
Bagi saya sangat penting karena saya bekerja dirumah dengan Laptop, sedangkan di kampus dan kantor memakai Windows dan Linux. Jadi dengan adanya Sublime Text, saya bisa install di semua sistem operasi. Kekurangannya cuma satu, sayang mau beli Full Versionnya dan sering digangguin pemberintahuan ketika menyimpan file (tapi jarang sih munculnya). Buruaaaan cobain yuk download di website resminya http://www.sublimetext.com/.
OK. Trims….

Sumber : http://www.nurulimam.com/2013/12/text-editor-terbaik-untuk-web-designer-web-developers.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar